Detoksifikasi Dengan Campuran Jahe Kunyit Sereh Lemon

Detoksifikasi

Detoksifikasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia bisa diartikan dengan upaya seseorang untuk proses penawaran atau penetralan toksin didalam tubuh. 

Detoksifikasi secara modern bisa diistilahkan dengan Internal cleansing yang bermanfaat untuk membuang segala macam zat yang tidak bermanfaat ataupun tidak diperlukan oleh tubuh jika menumpuk akan meneyebabkan toksin (racun).

Apa saja yang kita rasakan jika kita melakukan detoksifikasi? Berikut manfaat yang kita dapat adalah:

Meningkatkan sistem imun, Badan terasa sehat, bugar dan nyaman, Meningkatkan mental sehingga kerja semakin semngat dan dihindari sifat mengantuk.

Mencerahkan kulit dan mencegah timbulnya jerawat dan banyak lagi manfaatnya.

Sebetulnya tubuh kita sama Tuhan YME luar biasa sudah dilengkapi sistem detoksifikasi, organ tubuh kita yang berperan adalah Hati, Ginjal, Lambung dan Usus, Limfa, Paru-Paru dan kulit.

Organ-organ ini sangat penting untuk menjaga sistem detoksifikasi tubuh kita. Oleh sebab itu untuk menjaga organ kita tetap sehat berikut salah satu ramuan herbal, yang mudah didapat tidak cukup waktu lama kita membuat dan bisa dikonsumsi secara rutin.


Ramuan untuk detoksifikasi

Campuran Jahe, Kunyit sereh dan Lemon

Cara membuat teh Detoksifikasi:

Siapkan:

1 Rimpang Jahe

1 Rimpang Kunyit

1 Buah serai

Irisan lemon

Cara membuat: 

Ambil jahe dan kunyit kemudian besihkan kulitnyalalu cuci dengan air mengalir. Ambil daun sereh pilih bagian bawah. Kemudian ketiga komponen di iris/dirajang kecil-kecil kemudian dimasukkan kedalam cangkir atau gelas.

Bisa ditambah gula atau madu kemudian tuang air panas langsung sebanyak 200 ml ke dalam gelas kemudian diaduk, selanjutnya itu peras irisan lemon atau jeruk nipis diaduk kemudian di tutup diamkan kurang lebih 5 menit baru diminum

Lakukan sekali sehari teh dibuat dalam keadaan bahan-bahan segar, silahkan rasakan kesegaran tubuh anda minimal setelah 3 hari rutin minum teh detoksifikasi ini.

Selagihangat silahkan minum sambil ngobrol, mainan HP tau nonton TV 😀


Untuk meyakinkan sobat etiket berikut akan saya tuliskan pustaka ilmiah dari bahan utama di atas:

1. Rimpang Jahe

Kandungan kimia jahe yang dikandungnya memiliki aktivitas antioksidan yang kuat sehingga sistem imun akan naik. Rimpang jahe baik diteliti secara In Vivo dan In Vitro memperkuat pertahanan tubuh.

Sistem kerja antioksidan jahe dipengaruhi oleh senyawa 6-shogaol yang berpengaruh besar. Selain itu jahe memiliki khasiat sebagai anti inflamasi.

2. Rimpang Kunyit

Kunyit dengan Curcumin didalamnya menurut penelitian memiliki senyawa antioksidan yang kuat yang melawan adanya senyawa perusak sel tubuh. Curcumin dapat menangkat senyawa glutathione yang bekerja membantu hati dalam sistem detoksifikasi.

Kunyit terkenal sebagai Hepatoprotektif (melindungi hati) untuk melawan berbagai racun, bahan kima dan obat-oabatan.

3. Daun Serai

Daun serai/ Lemon Grass menurut beberapa penelitian mengungkapkan bahwa daun serai bersifat diuretik (memperlancar air kencing). 

Efek diuretik yang dihasilkan dapat membersihkan senyawa racun yang ada didalam tubuh. Detoksifikasi dari serai ini dapat membantu kerja hati, ginjal dan sekaligus menurunkan kadar asam urat.

Menurut jurnal daun serai ini banyak sekali manfaatnya selain detoksifikasi seperti menurunkan colesterol, potensi senyawa anti kangker, anti mikroba, membunuh bakteri H-pylori yang dapat menyebabkan sakit perut. membantu pasien Insomnia (susah tidur) sebagai tambahan untuk skin care dll.

 NB:

Perlu digaris bawahi jika sobat etiket rutin minum 3 kali sehari maka reaksi yang dirasakan adalah tinja akan lembek, merasa mulas mirip diare tapi bukan diare yang encer. Tenang berarti tubuh sedang mengeluarkan racun tubuh anada. 

Rasa segar, badan terasa enteng setelah proses ini, sobat etiket bisa menghentikan minum teh detoksifikasi ini. Jika merasa badan tidak nyaman pegal-pegal mungkin toksin-toksin perlu dikeluarkan bisa buat dan konsumsi kembali selama 3 hari berturut turut.

Demikian uraian dan cara membuat teh detoksifikasi semoga bermanfaat 😀, tambah sehat dan patuhi protokol kesehatan

 

Pustaka:

Bruno G. 2006. Detoxification Dietary Supplements to Support & Promote The Proces. Huntington College of Health Science

Yerima et all 2019. Hearbal Detox Extract Formulation from Seven Woderful Natural Herb: Garlic, Ginger, Honey, Carrots, Aloe Vera, Dates & Corn

Toungos. 2019. Lemon Grass (Cymbopogon L spreng) Valuable But Underutilized In Northern Nigeria.





Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer

Cara Mudah Membuat Grafik Kurva Baku (Konsentrasi VS Absorbansi)

Cara Uji Disolusi dan Perhitungan

Contoh Soal UKAI Industri dan Teknologi Sediaan Farmasi