Kenalan Dulu Dengan Mortir dan Stamper Sebelum Meracik Obat

Mari berkenalan dengan 👀 mortir dan stemper sebelum meracik obat. Mortir dan stamper bagi Farmasi tidak asing lagi bagi seorang farmasi karena setiap praktikum megang itu 😉. Sebenarnya mortir dan stemper itu siapa?? apakah sesosok mkhluk 😅

Mortir dan Stamper

Adalah sepasang alat yang digunakan untuk mengecilkan ukuran partikel serbuk, mengubah kristal menjadi serbuk, mencampur serbuk, mencampur serbuk dengan cairan, membuat krim dll yang berhubungan untuk peracikan obat. Mortir dan Stamper terdiri dari 2 jenis bahan pembentuknya bisa terbuat dari porselin atau kaca.

a. Mortir dan Stamper porselin
Mortir dan stamper porselin yang umum digunakan di apotek, instalasi farmasi rumah sakit, Puskesmas biasanya ukurannya lebih besar dibanding kaca. Mortir stamper ini cocok untuk mengecilkan ukuran partikel serbuk, mencampur serbuk dengan serbuk yang lain, mencampur serbuk dengan cairan atau membuat emulsi (pilih mortir dan stamper yang sedikit kasar).


b. Mortir dan Stamper kaca
Mortir dan stamper gelas/kaca biasanya berukuran kecil, permukaan halus sehingga tidak cocok untuk mengecilkan partikel serbuk tetapi dapat digunakan untuk partikel yang berbentuk kristal. Mortir ini cocok untuk senyawa-senyawa yang berwarna, jika ada zat yang diabsorbsi mortir stamper atau zat bewarna alternatifnya pakai mortir satmper berbahan kaca.


Cara menggunakan Mortir dan Stamper:
1. Mulut dari mortir senantiasa mengarah ke kiri, maksudnya agar ketika stamper dibersihkan stamper senantiasa pada mulut mortir
2. Stamper dipegang seperti memegang pulpen
3. Stamper diputar berlawanan dengan arah jarum jam
4. Permukaan stamper dibersihkan dengan cara memutarnya, sementara mika tetap dikepala stamper
5. Diulangi sampai serbuk bersih sudah tidak bisa menempel





Pustaka:
Yuliani SH, Putri DCA, Virginia DM. 2021. Kajian Risiko Peracikan Obat. Yogyakarta. Sanata Dharma University Press

Komentar

Postingan Populer

Cara Mudah Membuat Grafik Kurva Baku (Konsentrasi VS Absorbansi)

Cara Uji Disolusi dan Perhitungan

Contoh Soal UKAI Industri dan Teknologi Sediaan Farmasi