Tips Memperoleh Free Bahan Penelitian Farmasi

Free Bahan Penelitian

Bahan atau reagen di dalam dunia penelitian khususnya di bidang farmasi merupakan kebutuhan yang pokok, vital untuk diperoleh.

 

 

Masalahnya apakah secara mudah dapat diperoleh? kadang tidak terjual bebas di pasaran atau toko bahan kimia. Bahan-bahan penelitian harga menyesuaikan grade yang dibutuhkan apakah grade nya teknis, pro analisis atau eluen2 for HPLC.

Jika kebutuhannya ekstraksi awal tidak perlu cari eluae yang PA (Pro analisa) cukup yang teknis, misalkan ingin ekstraksi dari bahan alam cukup memakai etanol teknis. Kecuali sudah memakai instrumental seperti alat spektrofotometri maka harus memakai grade Pro Analisis. 

Selain pelarut gak kalah penting adalah bahan baku farmasi atau bahan-bahan eksipien tidak mudah lo mendapatkan bahan-bahan ini jika tidak familiar di Indonesia.

Berikut langkah yang bisa dipraktekkan bagi sobat etiket yang sedang melaksanakan penelitian khususnya di bidang farmasi, agar memperoleh bahan secara free:

1. Konfirmasi langsung ke Industri Farmasi

Hubungi langsung ke Industri Farmasi lewat no telpun atau surat elektronik, minta permohonan untuk diberikan hibah bahan baku farmasi. Industri mana yang di tuju, ya industri yang kira-kira memproduksi atau mengeluarkan bahan baku yang satu tema dengan penelitian sobat etiket.

Contoh: Industri Farmasi yang sedang memproduksi tablet, yang kebetulan satu tema dengan penelitian yang kalian lakukan merupakan peluang besar memperoleh bahan baku farmasi tersebut.

Silahkan cari informasi Industri Farmasi mana di Indonesia yang sedang memproduksi tablet tersebut. Contoh: yang sedang kalian teliti adalah bahan baku dimenhidinat. Search di google PT/Industri yang memproduksi tablet tersebut, jika sudah ketemu kontak deh lewat telpun.

Apakah Industri tersebut bersdia menghibahkan sedikit bahan bakunya untuk penelitian. Biasanya sobat akan dimintai surat keterangan penelitian dari kampus yang menyatakan bahan tersebut untuk bahan penelitian. Jika kalian beruntung akan dikasih secara free sejumlah bahan yang kalian minta.

Industri farmasi biasanya meminta hard file, atau soft file bukti kalian melakukan penelitian bisa berupa KTI, Skripsi atau Thesis anda yang sudah melewati sidang hasil penelitian.

GAMBARAN JUDUL-JUDUL PENELITIAN FARMASI CEK!!! 

2. Cari Informasi Produk Bahan di Web 

Langsung menuju web bahan yang dituju baca dan cermati informasi-informasi jika beruntung kalian akan mendapatkan sampel bahan. Pengalaman saya mendapatkan Free bahan dari Japan 1 kg Free

informasi yg didapat Sample 1 kg

Langkah selanjutnya cari informasi alamat email yang bisa dihubungi, segera mencoba alamat email jika sudah menemukan informasi di web

 
Balasan email akan segera diterima jika permintaan sobat etiket diterima oleh perusahaan

Selanjutnya mengikuti arahan dari petugas pabrik atau agen distributot, data apa saja yang perlu disiapkan untuk memperoleh bahan tersebut.

bukti terimakasih telah dibantu sampel bahan

Setelah selesai melakukan penelitian biasanya diminta untuk mengirimkan bentuk file atau Hard sebagai bukti telah dilakukan penilitian.

3. Menghubungi Peneliti Terdahulu

Maksutnya peneliti terdahulu adalah bisa kakak tingkat nya yang satu tema minimal pasti ada sisa-sisa bahan penelitian yang masih bisa dimanfaatkan. 

Kalau sobat beruntung akan dikasih Free sisa-sisa reagen atau bahan baku peneliti sebelumnya lumayan 😀 bahan tersebut dapat dijadikan penelitian pendahuluan/optimasi formula. Jangan lupa priksa masa ED nya karena reagen yg ED jelas akan mempengaruhi hasil. 

CARA MENENTUKAN FORMULA OPTIMUM TABLET CEK!!!

Demikian tips yang saya bagikan semoga bermanfaat jika ada tips yang lain silahkan ketik kolom komentar 👏😁

Komentar

Postingan Populer

Cara Mudah Membuat Grafik Kurva Baku (Konsentrasi VS Absorbansi)

Cara Uji Disolusi dan Perhitungan

Contoh Soal UKAI Industri dan Teknologi Sediaan Farmasi